Selasa, 06 April 2010

Android vs Windows Mobile

Bagi anda yg gemar akan hal-hal yg berbau techno, kalian pasti mengenal system operasi Windows Mobile. Ya, Windows Mobile adalah sebuah system operasi dari Microsoft corp. yg dibenamkan dalam sebuah smartphone atau PDA. Setelah beberapa tahun Windows Mobile merajai pasar OS (operating system) smartphone atau PDA, kini Windows Mobile mendapat saingan terdekat mereka. Saingan tsb. Bukan dari Apple iPhone maupun Blackberry OS, melainkan dari Android OS bikinan Google.

Android adalah sistem operasi mobile menggunakan versi modifikasi dari kernel Linux. Pada awalnya dikembangkan oleh Android Inc, sebuah perusahaan yang kemudian dibeli oleh Google, dan akhir-akhir ini oleh Open Handset Alliance.

Android merupakan software berbasis kode computer yang bisa didistribusikan secara terbuka (open source) sehingga programmer bisa membuat aplikasi baru di dalamnya, terdapat Android Market yang menyediakan ribuan aplikasi baik yg gratis maupun berbayar, serta memiliki aplikasi native Google yang terintegrasi, seperti push email GMail, Google Maps, dan Google Calendar.

Lalu, bagaimana perbandingan antara Windows Mobile yg telah mapan terlebih dahulu dengan Android yg baru saja hadir? Berikut review-nya.

Stabilitas

Windows Mobile(WM): Banyak pengguna ponsel Windows Mobile yg mengeluhkan ketidakstabilan ponsel mereka. Ponsel Windows Mobile non touchscreen dinilai lebih stabil kinerjanya.
Android(A): Android telah terbukti tetap stabil ketika diinstal lebih dari 50 aplikasi. Meski ada isu tentang aplikasi pihak ketiga yg sering hang, hal itu tetap tidak mengganggu kestabilan Android
Pemenang: Android, lebih stabil

Performa

(WM): Ponsel Windows Mobile non touchscreen memiliki kinerja telepon yg cukup baik, sedangkan yg touchscreen sebalikmya.
(A): Sama dengan Windows Mobile, ponsel Android kurang nyaman jika dipakai untuk telepon. Namun, kelebihannya adalah menu-menu notifikasi yg mudah dipahami.
Pemenang: tidak ada

Dukungan Software

(WM): Sudah banyak aplikasi pihak ketiga yg kompatibel dengan Windows Mobile. Sayangnya, Windows Mobile tidak memiliki store khusus seperti iStore milik iPhone yg berguna menyediakan aplikasi-aplikasi tsb. dalam satu tempat.
(A): Aplikasi masih sedikit, namun tidak menutup kemungkinan bakal bertambah banyak mengingat Android adalah OS open source. Hampir semua aplikasi bisa didapat gratis, dan dapat diunduh melalui fasilitas Android Market.
Pemenang: Android, karena adanya fasilitas Android Market

Dukungan Exchange (skala perusahaan)
(WM): Windows mobile menang telak dalam parameter ini. Jika anda atau perusahaan anda terintegrasi dengan Exchange atau Outlook, sangat tepat bila anda menggunakan ponsel Windows Mobile karena kedua fasilitas tsb. disediakan oleh pengembang yg sama yaitu Microsoft
(A): Android masih mampu sedikit mengimbangi dengan kemampuan Android untuk terintegrasi dengan Exchange server tanpa hambatn
Pemenang: Windows Mobile

Teknologi display

(WM): Windows mobile menggunakan display non touch dan touch dengan teknologi resitive. Memerlukan stylus dalam pengoperasian
(A): Berbeda dengan windows mobile, Android mengadopsi teknologi capasitive untuk display-nya. Tekbologi semacam itujuga terdapat pada iPhone yg tampilan display-nya sangat atraktif
Pemenang: Android

Kesimpulan: Bagi anda yg seorang korporat atau professional, ponsel dengan Windows Mobile sangat cocok karena mendukung fitur office yang lengkap serta fitur Exchange ActiveSync untuk keamanan data. Sedangakan android lebih ditujukan ke konsumen umum, karena dukungan software, kemudahan menu dan stabilitas sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar